RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN Sidorejo
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : IV / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit ( 1x Pertemuan )
Standar
Kompetensi :
8. Memahami
berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari- hari.
Kompetensi
Dasar :
8.1. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang
terdapat di lingkungan sekitar serta sifat- sifatnya.
Indikator :
1.
Menyebutkan contoh sumber
energi panas dan kegunaannya.
2.
Mendemonstrasikan adanya perpindahan
panas ( Konduksi, konveksi, dan radiasi )
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat
:
1.
Menyebutkan macam- macam sumber
panas dan kegunaannya.
2.
Melakukan percobaan tentang
perambatan panas melalui benda padat, cair, dan gas.
B. Materi Pembelajaran
Energi Panas
C. Metode
Pembelajaran :
Ceramah, Tanya jawab, penugasan,
demonstrasi, dan eksperimen
D. Langkah – langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
- Memeriksa kehadiran siswa
dan mengadakan appersepsi .
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memberikan motivasi tentang materi yang akan disampaikan
- Menyiapkan alat- alat yang akan didemonstrasikan
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang
materi pelajaran
- Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok
- Siswa mengambil alat percobaan perambatan panas.
- Siswa mengerjakan secara berkelompok sesuai perintah guru.
- Guru membimbing siswa
untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan
- Masing- masing kelompok
membacakan hasil percobaan tersebut didepan kelas.
C. Kegiatan Akhir
-
Guru bersama siswa menyimpulkan
materi dan melakukan refleksi.
-
Guru memberikan uji kompetensi
/ tugas berupa soal- soal latihan.
-
Guru menutup pelajaran
E. Alat dan Sumber Belajar
-
Buku Pelajaran IPA SD Kelas IV yang relevan
-
Buku Zamrud SD
-
Alat peraga berupa gelas, sendok, air panas, lilin, besi, dll
F. Penilaian
- Teknik Penilaian : tes tertulis
- Bentuk
: pilihan ganda
Soal Evaluasi :
Berilah tanda silang ( X ) pada salah satu
jawaban yang tepat !
1. Semua benda yang dapat menghasilkan panas disebut ….
a. api c. matahari
b. sumber panas d.
magic jar
2. Berikut yang bukan termasuk
sumber panas adalah ….
a. kompor gas c. matahari
b. api unggun d.
lampu neon
3. Panas
dari air yang dimasak berpindah melalui cara …………….
a.
radiasi c.
konduksi
b.
konveksi d.
asimilasi
4.
Panas matahari yang jaraknya sangat jauh dapat sampai ke bumi melalui
cara …….
a.
radiasi c.
konveksi
b. konduksi d. langsung
5.
Warna berikut yang paling banyak menyerap panas adalah …………..
a.
putih c.
biru
b.
hitam d.
merah
6.
Sinar matahari dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk membantu proses …………..
a.
pembakaran c.
fotosintesis
b.
pengangkutan d.
pernapasan
7.
Benda berikut akan terjadi perpindahan panas secara konduksi adalah
………..
a.
besi c.
air
b. udara d. matahari
8.
Berikut ini yang merupakan sumber energy panas semua makhluk hidup
adalah ……
a.
bulan c.
bintang
b. matahari d. api
9.
Berikut ini yang merupakan perpindahan panas secara konveksi adalah ………
a.
memasak air c.
panas pada tubuh
b. panas api unggun d. memanaskan logam
10.
Tangan yang kita dekatkan dengan lilin yang sedang menyala akan terasa panas karena adanya perpindahan
secara …………….
a. pembakaran c.
radiasi
b. konduksi d. konveksi
Kunci Jawaban :
1.
B 2. D 3.
B 4. A 5. A
6. C 7. A 8.
B 9.A 10. C
Mengetahui Sidorejo, 3 Mei 2012
Kepala SDN Sidorejo, Guru
Kelas,
ABDUL GHANI, S. Pd.SD KAMDANI
NIP. 19630225 198804 1 001 NIP.
19810206 200604 1 015
Lembar Kerja
Siswa ( LKS )
Kelompok :
Nama Siswa : 1. ………………….
2. ………………….
3. ………………….
4. ………………….
5. ………………….
Kegiatan 1
Alat dan Bahan :
1.Gelas 2.
Sendok 3. Air Panas
Cara Kerja :
1.
Tuangkan air panas kedalam
gelas !
2.
Masukkan sendok yang terbuat
dari logam kedalam gelas, kemudian aduklah air yang ada dalam gelas tadi
beberapa saat.
3.
Apa yang dirasakan jari- jari
tanganmu ?
4.
Peristiwa apa yang dapat kamu
simpulkan dari kegiatan tersebut ?
Kegiatan 2
Alat dan Bahan :
1.Lilin 2. Besi
Cara Kerja :
1.
Nyalakan lilin dan letakkan
ditempat yang disediakan !
2.
Pegang dan letakkan besi diatas
nyala api tersebut dalam beberapa menit
3.
Apa yang kamu rasakan dengan
tanganmu ?
4.
Peristiwa apa yang dapat kamu
simpulkan dari kegiatan tersebut ?
Kegiatan 2
Alat dan Bahan :
-
Lilin yang menyala
Cara Kerja :
Nyalakan lilin dan letakkan kedua telapak tanganmu didekatnya
beberapa menit.
Apa yang akan kamu rasakan dan peristiwa apa yang terjadi dalam
kegiatan tersebut ?
Berikan kesimpulannya !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar