Senin, 26 Agustus 2013

RPP PERBANDINGAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan                  :  SDN Sidorejo
Mata Pelajaran                        :  IPA
Kelas / Semester                      :  IV / II
Alokasi Waktu                        :  2 x 35 Menit ( 1x Pertemuan )


Standar Kompetensi  :
8.  Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari- hari.

Kompetensi Dasar  :
8.1. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat- sifatnya.

Indikator  :
1.      Menyebutkan contoh sumber energi  panas dan kegunaannya.
2.      Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas ( Konduksi, konveksi, dan radiasi )

A.   Tujuan Pembelajaran  :
      Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat  :
1.      Menyebutkan macam- macam sumber panas dan kegunaannya.
2.      Melakukan percobaan tentang perambatan panas melalui benda padat, cair, dan gas.

B.  Materi Pembelajaran
      Energi Panas

C.  Metode Pembelajaran  :
      Ceramah, Tanya jawab, penugasan, demonstrasi, dan eksperimen

D. Langkah – langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal 
-    Memeriksa kehadiran siswa dan mengadakan appersepsi .
-     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
-     Memberikan motivasi tentang materi yang akan disampaikan
-     Menyiapkan alat- alat yang akan didemonstrasikan
     
B.     Kegiatan Inti 
-    Guru menjelaskan tentang materi pelajaran
-     Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
-     Siswa  mengambil alat percobaan perambatan panas.
-     Siswa mengerjakan secara berkelompok sesuai perintah guru.
-     Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan
-     Masing- masing kelompok membacakan hasil percobaan tersebut didepan kelas.

C.     Kegiatan Akhir 
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan melakukan refleksi.
-          Guru memberikan uji kompetensi / tugas berupa soal- soal latihan.
-          Guru menutup pelajaran

E.  Alat dan  Sumber Belajar
      -  Buku Pelajaran IPA SD Kelas IV yang relevan
      -  Buku Zamrud SD
      -  Alat peraga berupa gelas, sendok, air panas, lilin, besi, dll

F.   Penilaian
      - Teknik Penilaian              : tes tertulis
      - Bentuk                            : pilihan ganda

       Soal Evaluasi        : 
       Berilah tanda silang ( X ) pada salah satu jawaban yang tepat  !           
        1.  Semua  benda yang dapat menghasilkan panas disebut ….
              a.  api                                     c.  matahari
              b. sumber panas                     d. magic jar
         2.  Berikut yang bukan termasuk sumber panas adalah ….
              a.  kompor gas                       c.  matahari
              b. api unggun                                    d. lampu neon
          3.  Panas dari air yang dimasak berpindah melalui cara …………….
              a.  radiasi                               c. konduksi
              b.  konveksi                           d. asimilasi
         4.  Panas matahari yang jaraknya sangat jauh dapat sampai ke bumi melalui cara …….
              a.  radiasi                               c. konveksi
              b.  konduksi                          d. langsung
         5.  Warna berikut yang paling banyak menyerap panas adalah …………..
              a.  putih                                 c. biru
              b.  hitam                                d. merah
         6.  Sinar matahari dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk membantu proses …………..
              a.  pembakaran                      c. fotosintesis
              b.  pengangkutan                   d. pernapasan
         7.  Benda berikut akan terjadi perpindahan panas secara konduksi adalah ………..
              a.  besi                                   c. air
              b.  udara                                d. matahari
         8.  Berikut ini yang merupakan sumber energy panas semua makhluk hidup adalah ……
              a.  bulan                                 c. bintang
              b.  matahari                           d. api
         9.  Berikut ini yang merupakan perpindahan panas secara konveksi adalah ………
              a.  memasak air                      c. panas pada tubuh
              b.  panas api unggun             d. memanaskan logam
        10. Tangan yang kita dekatkan dengan lilin yang sedang menyala  akan terasa panas karena adanya perpindahan secara …………….
              a.  pembakaran                       c. radiasi
              b.  konduksi                          d. konveksi
        
      Kunci Jawaban  :
1.      B               2. D                 3. B                 4. A                   5. A
6.   C               7. A                 8. B                 9.A                  10. C



            Mengetahui                                                                 Sidorejo,  3 Mei 2012
Kepala SDN Sidorejo,                                                            Guru Kelas,
           



ABDUL GHANI, S. Pd.SD                                      KAMDANI
NIP. 19630225 198804 1 001                                                NIP. 19810206 200604 1 015





























Lembar Kerja Siswa ( LKS )

Kelompok      :
Nama  Siswa  :  1. ………………….           
                           2. ………………….
                           3. ………………….
                           4. ………………….
                           5. ………………….
Kegiatan 1
Alat dan Bahan   :
1.Gelas                        2. Sendok                    3. Air Panas

Cara Kerja  :
1.      Tuangkan air panas kedalam gelas  !
2.      Masukkan sendok yang terbuat dari logam kedalam gelas, kemudian aduklah air yang ada dalam gelas tadi beberapa saat.
3.      Apa yang dirasakan jari- jari tanganmu ?
4.      Peristiwa apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan tersebut  ?


Kegiatan 2
Alat dan Bahan   :
1.Lilin              2. Besi            

Cara Kerja  :
1.      Nyalakan lilin dan letakkan ditempat yang disediakan  !
2.      Pegang dan letakkan besi diatas nyala api tersebut dalam beberapa menit
3.      Apa yang kamu rasakan dengan tanganmu ?
4.      Peristiwa apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan tersebut  ?


Kegiatan 2
Alat dan Bahan   :
-          Lilin yang menyala                       

Cara Kerja  :
Nyalakan lilin dan letakkan kedua telapak tanganmu didekatnya beberapa menit.
Apa yang akan kamu rasakan dan peristiwa apa yang terjadi dalam kegiatan tersebut ?
Berikan kesimpulannya !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar